Inilah Spesifikasi Motor Yamaha R15 Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia - Yamaha Motor Indonesia memang telah merilis Yamaha R15 dengan nama lengkap Yamaha YZF R15 beberapa bulan lalu. Rilis yang memang sudah ditunggu-tunggu ini mendapatkan respon yang sangat antusias bagi para penggemar motor Yamaha. Sebelum tangal peluncuran resminya, Yamaha R15 Indonesia telah kebanjiran order sejak pertama kali diperkenalkan kepada publik lewat ajang motor show. Bahkan tak sedikit penggemar motor sport yang menunda pembelian tipe motor lain guna menunggu rilis resmi dari Yamaha R15 Indonesia ini. Seperti apa spesifikasi lengkap dari Yamaha R15 Indonesia sampai-sampai digandrungi oleh penggemarnya ?
Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia Terbaru
Midnight Black : www.yamaha-motor.co.id
Seperti yang kita tahu kalau Yamaha memang paling mengerti selera pasar, terbukti dengan predikat Yamaha yang memegang rekor penjualan tertinggi di sektor otomotif / sepeda motor. Begitu pula dengan Yamaha YZF R15 yang semenjak diperkenalkan telah mencuri perhatian pasar. Dan ini dia fitur dan spesifikasi dari Yamaha R15 Indonesia.

Fitur Yamaha R15 Indonesia

Speedometer Multifungsi

Seperti pada motor spart kelas dunia lainnya, Yamaha R15 dilengkapi dengan speedometer digital yang terlihat stylish dan mudah dibaca. Disana terdapat informasi mengenai kecepatan laju motor, jumlah bahan bakar, status pengapian. status mesin, jumlah jarak tempuh dan lainnya. Speedometer tersebut dilengkapi dengan beberapa lampu indikator seperti lampu indikator persneling, status radiator, kelistrikan dan lainnya serta terdapat pula tachometer analog yang merupakan counter dari putaran mesin.

Headlamp Ganda

Yamaha R15 Indonesia dilengkapi dengan headlamp ganda seperti pada superbike-superbike kelas dunia yang terlihat stylish. Lampu ini menunjukkan kesan sporty saat dilihat dari sisi depan, terutama saat motor melaju dalam kecepatan tinggi. Selain itu, desain lampu ganda dengan reflektor yang super bening membuat pencahayaan menjadi lebih baik dan lampu dapat menerangi jalanan dengan lebih efektif untuk keperluan berkendara malam hari.

Kemudi Berdesain YZF R1

Kemudi yang digunakan pada Yamaha R15 menggunakan desain yang sama seperti yang digunakan pada motor sport Yamaha YZF R1. Bentuk ini didesain langsung oleh sang legenda MotoGP Valentino Rossi yang memang eksklusif hanya untuk Yamaha. Desain yang sangat sempurna membuat berkendara tak hanya diutamakan untuk keamanan tetapi juga kenyamanan.

Rangka Deltabox Frame

Yamaha memang tak melulu mengedepankan desain diatas segalanya. Perihal mengenai pemilihan material yang digunakan untuk membentuk sebuah motor ternyata sangat diperhitungkan dengan matang. Dengan teknologi Deltabox Frame milik yamaha, kekuatan chasis motor tidak perlu diragukan, selin itu model chasis ini memiliki desain yang futuristik layaknya motor sport superbike.

Swing Arm Futuristik

Ini yang menarik dan memang belum ada pabrikan lokal yang sekelas yang menghadirkan desain swing arm layaknya pada super bike. Desain ini terlihat pantas dan serasi dengan desain body keseluruhan, membuat kesan sporty terasa lebih 'menggigit'.

Mesin 150cc SOHC LC4V

Ini merupakan teknologi Yamaha yang mengusung mesin dengan tipe SOHC (Single Over-Head Camshaft) atau istilah kampungnya noken as tunggal namun memiliki 4 valve alias klep ganda. Penggunaan klep ganda memungkinkan mesin memiliki masukan dan buangan yang lebih optimal dibandingkan dengan klep tunggal pada setiap inlet / outlet. Selain itu teknologi ini diklaim irit bahan bakar dan tentunya tenaga yang dihasilkan lebih optimal.

Penggunaan cairan pendingin (Liquid Cooled) memungkinkan mesin berada pada suhu yang stabil dan panas berlebih dapat diredam. Dengan demikian, kinerja mesin pada suhu yang terkontrol dapat dimaksimalkan walaupun dalam waktu lama atau perjalanan yang menempuh jarak sangat jauh sekalipun.

Split Seat Ala Superbike

Split Seat yang digunakan pada Yamaha R15 Indonesia terlihat layaknya superbike dunia. Dengan jok depan dan belakang yang terpisah, lagi-lagi kesan sporty terasa lebih kental.

Lampu Belakang LED

Yamaha telah berinovasi dengan menghadirkan lampu belakang dengan lampu berjenis LED. Lmapu ini memiliki daya yang rendah namun intensitas cahaya yang dihasilkan lebih tinggi. Selain itu lampu LED lebih tahan lama dan umurnya lebih panjang. Sehingga penggantian lampu belakang / lampu rem hampir tidak perlu dilakukan kecuali terdapat kesalahan teknis yang diakibatkan oleh pengguna.

Ban Lebih Lebar

Yamaha R15 Indonesia menggunakan ban dengan ukuran 90/80-17 untuk ban depan dan 130/80-17 untuk ban belakang. Dengan kata lain, ban ini memiliki bentuk yang lebar namun lebih melandai sehingga mendukung performa yang stabil walaupun dalam kecepatan tinggi sekalipun pada jalanan menikung.

Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia

Yamaha YZF R15 merupakan motor sport kelas 150 cc dengan silinder tunggal berpendingin cairan yang memiliki tampilan gahar. Mesin ini mampu memuntahkan torsi maksimal hingga 14,5 Nm pada 7,500 RPM serta daya hingga 12,2 kW pada 8,00 RPM. Motor ini memiliki jarak sumbu roda dengan ukuran 1,345 mm serta ketinggian terendah ke tanah sebesar 160 mm. Dan untuk lebih jelasnya mari kita lihat tabel spesifikasi berikut ini.
DIEMENSI KENDARAAN
P x L x T 1,975 mm x 660 mm x 1,070 mm
Jarak Sumbu Roda 1,345 mm
Jarak Terendah ke Tanah 160 mm
Tinggi Tempat Duduk 800 mm
Berat Isi 136 Kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 Liter
SPESIFIKASI MESIN
Tipe Mesin 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Jumlah/Posisi Silinder Silinder Tunggal / Tegak
Diameter x Langkah 57,0 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 10,4 : 1
Daya Maksimum 12,2 kW / 8,500 RPM
Torsi Maksimum 14,5  Nm / 7,500 RPM
Sistem Starter Elektrik
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Total = 1,15 Liter
Berkala = 0,95 Liter
Ganti Filter = 1 Liter
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection System
Tipe Kopling Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi Return 6 Kecepatan
Pola Transmisi 1-N-2-3-4-5-6

Pilihan Warna Yamaha R15 Indonesia

Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia Terbaru
Racing Blue : www.yamaha-motor.co.id

Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia Terbaru
Supernova Red : www.yamaha-motor.co.id

Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia Terbaru
Movistar : www.yamaha-motor.co.id

Spesifikasi Yamaha R15 Indonesia Terbaru
Tech 3 : www.yamaha-motor.co.id

Kelebihan Yamaha R15

Didesain sebagai motor sport kelas 150 cc, Yamaha R15 memiliki beberapa kelebihan yang tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. Mesin 150 cc dengan sistem klep ganda mampu menghasilkan torsi hingga 14,5 Nm pada putaran mesin 7,500 RPM. Ini memungkinkan motor bergerak lebih lincah dan responsif sekalipun pada putaran rendah dan stabil pada putaran tinggi, irit dan efektif bahan bakar. Sistem transmisi 6 percepatan memungkinkan motor melaju kencang di jalan raya namun tetap bertenaga walaupun di medan tanjakan.

Selain itu, desain fisik yang terkesan sporty dengan chasis Deltabox Frame menjamin kekuatan dan ketahanan terhadap korosi dan suhu tinggi. Penggunaan swing arm layaknya motor superbike juga menjadi keistimewaan tersendiri mengingat hanya Yamaha R15 yang menggunakan desain tersebut untuk kelas yang sama.
Inilah Spesifikasi Motor Yamaha R15 Indonesia Terbaru dan Terlengkap
4/ 5
Oleh