Ini Dia, Pelumas Rantai Motor Terbaik untuk Motor Honda, Yamaha, Suzuki

Pelumas Rantai Motor Terbaik - Mungkin jika dilihat dari judulnya terlihat brand oriented ya, karena sebenarnya tidak terbatas pada motor merk tertentu. Baik pelumas rantai motor Honda, Suzuki, Yamaha atau vendor lainnya intinya sama. Yaitu melumasi dan melindungi rantai dari karat dan keausan.

Berbicara mengenai pelumasan rantai, sebenarnya tidak ada merk yang pasti. Tergantung preferensi biker itu sendiri untuk memilih produk yang tepat.
Pelumas Rantai Motor Terbaik, Pelumas Rantai Motor Honda
ilustrasi rantai motor : www.welovehonda.com
Yang pasti, tanpa pelumasan, rantai akan cepat aus dan berkarat. Jika terjadi demikian, biasanya rantai akan berisik karena terjadi gesekan ekstra diantara komponen rantai.

Akibatnya, rantai menjadi cepat panas dan masa pakai rantai menjadi lebih pendek. Hal yang sering terjadi adalah rantai menjadi kendur sehingga posisi rantai dan 'mata' gear menjadi tidak pas.

Pelumas Rantai Motor Terbaik untuk Motor Kesayangan

Jangan Gunakan Oli Bekas

Kebanyakan dari kita biasanya memanfaatkan oli bekas untuk melumasi rantai sepeda motor. Hal tersebut memang sudah cukup lazim dimana cara ini adalah cara paling mudah dan paling murah.

Namun perlu diingat, cara salah kaprah tersebut justru membuat rantai menjadi kotor sehingga bisa mengotori rumah rantai dan bagian boks gear depan. Selain itu, penggunaan oli bekas juga tidak banyak membantu pelumasan.

Sejatinya, oli bekas telah kehilangan tekstur dan daya lumasnya. Karenanya, oli bekas memiliki tekstur yang lebih encer ketimbang oli baru.

Gunakan Pelumas Rantai Khusus

Jenis pelumas ini adalah pelumas rantai motor terbaik karena memang diperuntukkan khusus untuk rantai sepeda motor. Diformulasikan untuk bekerja diluar mesin sehingga memiliki daya lumas yang maksimal.

Pelumas khusus rantai motor memiliki formula khusus sehingga debu dan kotoran lainnya tidak mudah menempel pada rantai. Sehingga rantai akan tetap bersih dan terjaga dari kotoran dan karat.

Selain itu, pelumas khusus rantai motor juga bisa bertahan lama meski rantai sering terkena air. Pelumas ini menempel lebih kuat pada rantai dibandingkan dengan oli biasa.

Pelumas Alternatif

Dalam keadaan darurat seperti sulit mendapatkan pelumas khusus rantai motor, atau kebetulan pelumasnya habis, kita bisa mengambil alternatif lain. Solusinya adalah gemuk, oli baru atau bisa juga menggunakan minyak goreng.

Memang bukan peruntukannya, namun setidaknya oli baru atau minyak goreng memiliki daya lumas yang lebih baik dari oli bekas serta tidak membuat rantai menjadi kotor.

Tentu saja dengan beberapa kelemahan, seperti lebih cepat kering atau debu yang menempel pada oli / minyak. Tapi debu tersebut bisa dibersihkan menggunakan pembersih karbu sebelum pelumas khusus rantai motor yang baru didapat kembali.

Setelah ulasan singkat diatas bisa kita simpulkan, pada dasarnya tidak ada pelumas rantai motor Honda, Yamaha maupun Suzuki. Karena pada dasarnya sama untuk semua motor yang menggunakan rantai.

Pelumas rantai motor terbaik adalah pelumas khusus rantai motor, bukan olis bekas. So, jangan salah kaprah lagi ya!. Utamakan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Salam Otomodis.

Silahkan di share kepada teman-teman sekiranya bermanfaat!
Ini Dia, Pelumas Rantai Motor Terbaik untuk Motor Honda, Yamaha, Suzuki
4/ 5
Oleh