Jangan Menaruh Helm di Spion, Jika Tidak ...

Menaruh Helm di Spion - Bagi kalian para bikers, atau setidaknya pengguna sepeda motor, tentunya pernah atau bahkan sering menemukan situasi ini. Dimana helm yang baru dilepas kemudian diletakkan diatas spion.

Atau mungkin kalian sendiri pernah bahkan selalu melakukannya. Pemandangan ini cukup lazim ditemui di parkiran-parkiran sepeda motor. Dimana helm yang sehabis dipakan kemudian diletakkan begitu saja diatas spion.
Jangan Menaruh Helm di Spion
Untuk helm-helm yang harganya mahal, tentunya hal tersebut bisa memancing pencuri untuk mengambil helm. Jadi bukan salah pencuri semata, karena kita sendiri yang teledor meninggalkan helm di tempat umum.

Masalah lainnya sebetulnya tidak hanya terjadi pada helm-helm mahal, namun helm-helm biasa. Dimana masalahnya adalah kebersihan, bukan hanya tindak pencurian.

Dampak Buruk Menaruh Helm Diatas Spion

Spion merupakan bagian dari sepeda motor yang berfungsi untuk membantu melihat keadaan di belakang ketika kita berkedara. Jadi sudah sangat jelas, fungsinya bukanlah untuk menaruh helm. Spion juga akan cepat rusak / patah sehingga fungsionalitasnya terganggu.

Hampir semua jenis sepeda motor menyediakan pengait untuk meletakkan / mengaitkan helm. Jadi manfaatkanlah perangkat tersebut sesuai dengan fungsinya.

Jika masih memilih untuk menggunakan spion sebagai tempat menaruh helm, mungkin kalian perlu mengetahui apa yang terjadi antara helm dan spion.

Karena spion merupakan salah satu bagian paling luar dan paling depan dari sebuah sepeda motor, spion bisa menjadi bagian paling kotor. Spion bisa terdapat banyak debu jalanan, percikan air kotor dan polutan lainnya yang secara kasat mata atau tidak bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Banyak zat / mikroorganisme bisa terdapat pada debu yang menempel pada kendaraan, salah satunya pada spion. Seperti jamur, bakteri atau debu jalanan yang kotor.

Bayangkan jika jamur / bakteri tersebut menempel pada helm yang kita gunakan sehari-hari. Tentunya tidak sehat bukan?

Apakah kalian merasa selama ini sehat-aehat saja? Mungkin selama kalian tidak sadar, gatal di kepala, kelilipan, iritasi mata dan beberapa hal mengganggu lainnya berasal dari helm yang kotor.

Nah, untuk itu biasakanlah menaruh helm pada tempatnya. Selain belajar tertib untuk memfungsikan sesuatu sesuai peruntukannya, kita juga bisa lebih sehat.

Spion berfungsi untuk membantu melihat keadaan di belakang kita saat berkendara. Sementara sepeda motor itu sendiri sudah menyediakan 'helmet holder' yang fungsinya sudah jelas. Salam biker.

sumber : otomotif.kompas.com
Jangan Menaruh Helm di Spion, Jika Tidak ...
4/ 5
Oleh